Jumat, 31 Juli 2009

Nyeri Perut Berulang

Penyakit Saluran Cerna

DEFINISI
Nyeri Perut Berulang merupakan suatu keadaan dimana nyeri perut terjadi sebanyak 3 kali atau lebih selama minimal 3 bulan.

Lebih dari 10% anak usia sekolah menderita nyeri perut kambuhan (berulang).
Hal ini paling sering ditemukan pada anak berumur 8-10 tahun, jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 4 tahun dan lebih sering ditemukan pada anak perempuan.

PENYEBAB
Pada 5-10% kasus, nyeri perut disebabkan oleh suatu penyakit fisik:
  1. Kelainan usus
    - Hiatus hernia
    - Hepatitis (peradangan hati)
    - Kolesistitis (peradangan kandung empedu)
    - Pankreatitis (peradangan pankreas)
    - Ulkus peptikum
    - Infestasi parasit (misalnya giardiasis)
    - Divertikulum Meckel
    - Penyakit Crohn
    - Tuberkulosis usus
    - Kolitis ulserativa
    - Apendisitis kronis
  2. Kelainan saluran kemih-kelamin
    - Kelainan bawaan
    - Infeksi saluran kemih
    - Penyakit peradangan panggul (pada anak perempuan)
    - Kista ovarium (pada anak perempuan)
    - Endometriosis (pada anak perempuan)
  3. Umum
    - Keracunan timah hitam
    - Purpura Henoch-Sch?nlein
    - Penyakit sel sabit
    - Alergi makanan
    - Porfiria
    - Anemia familial Mediterania
    - Angioedema herediter
    - Migren.
Pada 80-90% kasus, nyeri perut berulang lebih disebabkan oleh faktor psikis; biasanya dipicu atau semakin memburuk pada saat stres, cemas atau depresi.

Kadang nyeri perut berulang disebabkan oleh kelainan fungsi pada organ dalam. Misalnya kelainan fungsi usus bisa terjadi jika makanan anak tidak sesuai, terutama jika anak tidak dapat menerima jenis makanan tertentu, seperti susu dan hasil olahan susu.
Kelainan fungsi usus juga bisa disebabkan oleh sembelit yang terjadi karena berkurangnya pergerakan usus besar, yang kadang merupakan suatu reaksi terhadap pelatihan buang air besar yang tidak tepat.
Pada remaja putri, nyeri perut bisa disebabkan oleh kram otot di dalam rahim selama menstruasi (dismenore). Kadang pelepasan sel telur dari indung telur juga menyebabkan nyeri perut.

GEJALA
Gejalanya berbeda-beda, tergantung kepada penyebabnya.
Nyeri perut akibat penyakit fisik biasanya tidak menghilang atau timbul dalam suatu siklus, seringkali dipicu oleh kegiatan atau makanan tertentu. Nyeri cenderung timbul pada sisi perut tertentu, tidak dirasakan di sekeliling pusar dan bisa menjalar ke punggung.
Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan nyeri perut atau nyeri pinggul bagian bawah. Nyeri bisa menyebabkan anak terbangun dari tidurnya.

Gejala lainnya yang mungkin ditemukan (tergantung kepada penyebabnya):
- nafsu makan berkurang
- penurunan berat badan
- demam berulang atau menetap
- jaundice (sakit kuning)
- bentuk dan warna tinja berubah
- sembelit atau diare
- di dalam tinja terdapat darah
- muntah makanan atau darah
- perut membengkak
- nyeri atau pembengkakan sendi.

Gejala dari nyeri perut berulang akibat kelainan fungsi organ tergantung kepada penyebabnya.
Jika anak mengalami intoleransi laktosa, maka nyeri akan timbul dalam waktu beberapa menit sampai 2 jam setelah anak minum susu atau mengkonsumsi hasil olahan susu.
Jika anak menderita penyakit kandung empedu, nyeri perut timbul segera sesudah mengkonsumsi makanan berlemak.

Nyeri akibat faktor psikis bisa terjadi setiap hari atau sewaktu-waktu. Kadang anak tidak merasakan nyeri selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.
Nyeri biasanya bersifat tumpul, jarang menyebabkan anak terbangun dari tidurnya pada malam hari, tetapi anak mungkin akan terbangun lebih awal dari biasanya.

Nyeri perut akibat faktor psikis paling sering dirasakan di sekitar pusar. Jika nyeri dirasakan semakin jauh dari pusar, maka semakin besar kemungkinan penyebabnya adalah kelainan fisik.
Nyeri psikis kadang menyerupai nyeri karena kelainan fisik, tetapi biasanya nyeri psikis sifatnya tidak berubah atau tidak semakin memburuk.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala utama dan gejala penyertanya, serta sifat dari nyeri perut yang dirasakan.

Mendiagnosis nyeri perut yang berhubungan dengan faktor psikis mungkin agak sulit. Biasanya tidak ditemukan kelainan fisik. Anak mungkin terpengaruh oleh stres di dalam keluarga, masalah keuangan atau perpisahan maupun kehilangan orang yang disayanginya.

PENGOBATAN
Pengobatan tergantung kepada penyebabnya.
Jika nyeri perut dipicu oleh suatu jenis makanan, maka sebaiknya dilakukan perubahan pola makan.
Untuk mengurangi nyeri akibat menstruasi bisa diberikan ibuprofen.

Nyeri perut berulang akibat faktor psikis merupakan nyeri yang timbul karena stres dan ketegangan. Orang tua dapat membantu dengan cara sebanyak mungkin mengurangi stres dan ketegangan, membantu anak menghadapi stres dan mendorong anak untuk masuk sekolah meskipun perutnya nyeri. Guru dapat membantu dengan memecahkan masalah yang dihadapi anak di sekolah.
Jika setelah dilakukan berbagai usaha, anak masih merasakan nyeri perut (terutama pada saat anak mengalami depresi atau menghadapi masalah perkawinan orang tuanya di rumah), mungkin anak memerlukan bantuan dari ahli jiwa.

Tidak ada komentar:

Penyakit - Diseases

Diabetes
suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan insulin, bisa karena pankreas tidak cukup atau hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bisa juga karena sel tubuh melawan insulin yang dihasilkan – tidak bisa dicegah.

Diabetes
an illness that occurs when the body lacks insulin, either because the pancreas does not produce any or only a very small amount, or because the cells in the body are resistant towards the insulin it produces – is preventable.

Penyakit Malarian
adalah salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Aceh melalui infeksi darah oleh parasit plasmodium.

Malarian Ailment
is one of the common diseases that is found in Aceh. It is a blood infection caused by a parasite called plasmodium.

Tuberkulosis
biasanya ditularkan melalui batuk seseorang. Seseorang biasanya terinfeksi jika mereka menderita sakit paruparu dan terdapat bakteria di dahak mereka.Dahak bercampur darah, batuk berdarah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, tidak enak badan, berkeringat tanpa ada kegiatan, demam lebih dari satu malam.

Tuberculosis
is usually transmitted from infectious people coughing. People are usually infectious when they have pulmonary disease and thus they have bacteria in their sputum.Sputum mixed with blood, bleeding cough, shortwinded and painful in breathing, weaken body, loss of appetite, loss of weight, nausea, sweating without any activities, fever overnights.

Sahrul Jam


clock-desktop.com

Jika Perasaannya Was2 Jangan Dimainkan Videonya By Sahrul Cau