Jumat, 31 Juli 2009

Kelainan Telinga, Hidung, Tenggorokan

Penyakit Telinga Hidung dan Tenggorokan

DEFINISI
BENDA ASING DI DALAM HIDUNG

Anak kecil seringkali memasukkan benda ke dalam hidungnya. Beberapa benda mudah dilihat dan dikeluarkan, tetapi benda lainnya bisa terdorong ke dalam sehingga tidak terlihat dari luar.
Benda yang tersangkut di hidung bagian atas bisa menyebabkan bau tidak enak atau keluarnya cairan berdarah dari salah satu lubang hidung.
Lama-lama benda yang tersangkut di dalam hidung akan terbungkus oleh garam mineral dari lendir hidung, sehingga terbentuk suatu benjolan di dalam hidung (rinolit). Rinolit sulit dikeluarkan karena bentuknya cenderung mengikuti bentuk hidung bagian dalam. Untuk mengeluarkannya biasanya anak perlu dibius total.


ANGIOFIBROMA JUVENIL

Angiofibroma Juvenil adalah tumor jinak pada hidung bagian belakang atau tenggorokan bagian atas (nasofaring), yang mengandung pembuluh darah. .
Tumor ini paling sering ditemukan pada anak-anak laki yang sedang mengalami masa puber.

Tumor ini tidak ganas, tetapi dapat merusak jaringan pada lapisan hidung dan sering menyebabkan perdarahan hidung (epistaksis, mimisan).
Tumor juga bisa menghalangi saluran pernafasan.

Jika tumbuh membesar, tumor bisa meluas ke jaringan di sekitarnya, kantung mata atau rongga kranial (rongga yang berisi otak).

Tumor dapat terlihat pada pemeriksaan CT scan atau MRI. Untuk memperkuat diagnosis bisa dilakukan biopsi mukosa hidung.
Dengan angiografi dapat dilihat pembuluh darah yang menuju ke tumor dan kemungkinan penyebarannya ke dalam kantung mata atau rongga kranial.

Pengobatan perlu dilakukan jika angiofibroma tumbuh membesar, menghalangi saluran udara atau menyebabkan epistaksis menahun. Pada beberapa kasus, tidak perlu dilakukan pengobatan.
Pembedahan dilakukan untuk mengangkat tumor. Pengangkatan tumor seringkali sulit dilakukan karena tumor terbungkus dan menyusup ke dalam, sehingga setelah pengangkatan tumor seringkali terjadi kekambuhan.

Embolisasi (penyumbatan arteri dengan suatu bahan) bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada tumor dan menghentikan perdarahan.
Embolisasi dilakukan dengan cara menyuntikkan suatu zat ke dalam pembuluh darah untuk menyumbat aliran darah yang melaluinya. Embolisasi efektif untuk mengatasi perdarahan hidung dan tindakan ini bisa diikuti dengan pembedahan untuk mengangkat tumor.

Jika tumor telah menyebar ke rongga kranial dan tidak dapat diangkat melalui pembedahan, kadang dilakukan terapi penyinaran.


PAPILOMA JUVENIL

Papiloma Juvenil adalah tumor jinak pada kotak suara (laring).

Papiloma disebabkan oleh virus.
Papiloma bisa ditemukan pada usia 1 tahun.

Papiloma bisa menyebabkan suara serak, kadang cukup berat sehingga anak tidak dapat berbicara dan bisa menyumbat saluran udara.
Papiloma dapat dilihat dengan bantuan laringoskopi dan untuk memperkuat diagnosis, dilakukan biopsi.

Papiloma yang ditemukan pada beberapa tempat bisa tumbuh membesar sehingga perlu dilakukan pembedahan untuk membuka tabung udara (trakea) agar anak bisa bernafas.
Untuk mengobati papiloma, biasanya dilakukan pembedahan maupun penguapan dengan laser.
Sering terjadi kekambuhan, tetapi papiloma biasanya menghilang dengan sendirinya pada masa puber.

Tidak ada komentar:

Penyakit - Diseases

Diabetes
suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan insulin, bisa karena pankreas tidak cukup atau hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bisa juga karena sel tubuh melawan insulin yang dihasilkan – tidak bisa dicegah.

Diabetes
an illness that occurs when the body lacks insulin, either because the pancreas does not produce any or only a very small amount, or because the cells in the body are resistant towards the insulin it produces – is preventable.

Penyakit Malarian
adalah salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Aceh melalui infeksi darah oleh parasit plasmodium.

Malarian Ailment
is one of the common diseases that is found in Aceh. It is a blood infection caused by a parasite called plasmodium.

Tuberkulosis
biasanya ditularkan melalui batuk seseorang. Seseorang biasanya terinfeksi jika mereka menderita sakit paruparu dan terdapat bakteria di dahak mereka.Dahak bercampur darah, batuk berdarah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, tidak enak badan, berkeringat tanpa ada kegiatan, demam lebih dari satu malam.

Tuberculosis
is usually transmitted from infectious people coughing. People are usually infectious when they have pulmonary disease and thus they have bacteria in their sputum.Sputum mixed with blood, bleeding cough, shortwinded and painful in breathing, weaken body, loss of appetite, loss of weight, nausea, sweating without any activities, fever overnights.

Sahrul Jam


clock-desktop.com

Jika Perasaannya Was2 Jangan Dimainkan Videonya By Sahrul Cau