Jumat, 31 Juli 2009

Infeksi Sistem Saraf Pusat

Infeksi Virus

DEFINISI

Infeksi sistem saraf pusat teramat gawat. Meningitis mempengaruhi selaput yang melindungi otak dan spinal cord. Encephalitis mempengaruhi otak sendiri.

Virus yang menulari sistem saraf pusat (otak dan spinal cord) termasuk virus herpes, virus arbo, coxsackie virus, echo virus, dan entero virus. Beberapa infeksi ini mempengaruhi terutama meninges (jaringan yang menutupi otak dan spinal cord) dan menghasilkan radang selaput/meningitis. Yang lain mempengaruhi terutama otak dan menyebabkan radang otak. Infeksi yang mempengaruhi baik meninges maupun otak mengakibatkan meningoencephalitis. Radang selaput jauh lebih sering terjadi pada anak daripada radang otak.

Virus mempengaruhi sistem saraf pusat dengan dua cara. Mereka secara langsung menginfeksi dan menghancurkan sel di sistem saraf pusat selama sakit yang akut. Sesudah sembuh dari infeksi - di sistem saraf pusat atau di tempat lain pada tubuh - respon kekebalan tubuh atas infeksi kadang-kadang menyebabkan kerusakan sekunder pada sel di sekitar syaraf. Kerusakan sekunder ini (pasca-infeksi encephalomyelitis atau penyebaran encephalomyelitis akut) menyebabkan anak mempunyai gejala beberapa minggu sesudah kesembuhan dari sakit yang akut.

Anak memperoleh infeksi sistem saraf pusat lewat berbagai rute. Bayi baru lahir bisa terinfeksi herpesvirus lewat kontak dengan secret yang tertular di liang kelahiran. Infeksi virus lain diperoleh dari udara pernafasan yang tercemar dengan virus berisi droplets yang dikeluarkan oleh napas orang terinfeksi. Infeksi Arbovirus diperoleh dari gigitan oleh serangga terinfeksi.

Gejala dan pengobatan radang selaput dan radang otak virus pada anak dan remaja sama dengan pada orang dewasa. Karena sistem kekebalan tubuh masih berkembang pada bayi baru lahir dan bayi, infeksi berbeda bisa terjadi, dan ketidakmampuan bayi untuk menceritakan secara langsung mempersulit untuk mengerti gejala mereka. Namun demikian, biasanya bayi dengan infeksi sistem saraf pusat menyebabkan beberapa gejala digambarkan di bawah ini.


GEJALA

Infeksi sistem saraf pusat virus di bayi baru lahir dan bayi biasanya mulai dengan demam. Bayi baru lahir mungkin tidak mempunyai gejala lain dan pada awalnya mungkin tidak kelihatan sakit. Bayi usia lebih dari sebulan biasanya menjadi cepat-marah dan rewel dan menolak untuk makan. Muntah sering terjadi. Kadang-kadang ada area kecil di atas kepala bayi baru lahir (fontanelle) yang menonjol, menunjukkan pertambahan tekanan pada otak. Karena gangguan meninges diperburuk oleh gerak-gerik, seorang bayi dengan radang selaput mungkin menangis lebih sering, daripada menjadi tenang, kalau diambil dan digoncangkan. Beberapa bayi membuat jeritan yang tinggi yang aneh. Bayi dengan radang otak sering mengalami pingsan atau melakukan gerakan aneh. Bayi dengan radang otak hebat mungkin menjadi lesu dan koma lalu meninggal. Infeksi dengan herpes virus simpleks, yang sering dipusatkan hanya satu bagian otak, mungkin menyebabkan pingsan atau kelemahan muncul hanya satu bagian badan.

Post- Infectious encephalomyelitis mungkin menghasilkan banyak masalah neurologic, bergantung pada bagian otak yang rusak. Anak mungkin mempunyai kelemahan pada lengan atau kaki, kehilangan pandangan atau mendengar, keterbelakangan mental, atau pingsan berulang. Gejala ini mungkin tidak nyata sampai anak cukup tua untuk masalah untuk muncul selama pemeriksaan. Sering kali gejala hilang dengan berjalannya waktu, tetapi kadang-kadang permanen.

DIAGNOSA

Dokter mencermati tentang radang selaput atau radang otak pada setiap bayi baru lahir yang mengalami demam, seperti pada bayi yang lebih tua yang mengalami demam dan cepat-marah atau bertingkah tidak seperti biasanya. Bayi menjalani ketukan tulang belakang (lumbar menusuk untuk mendapatkan cairan cerebrospinal (CSF) untuk analisa laboratorium. Pada infeksi virus, jumlah lymphocytes (sejenis sel darah putih) bertambah di CSF, dan tak ada bakteri terlihat. Tes Immunologic yang mendeteksi antibodi melawan virus pada sampel CSF mungkin dilakukan, tetapi tes ini memakan waktu berhari-hari untuk selesai. Teknik reaksi Polymerase berantai (PCR) digunakan untuk mengenali jasad seperti herpesvirus dan enterovirus.

Tes gelombang otak (electroencephalogram bisa digunakan untuk menolong mendiagnosa radang otak yang disebabkan oleh herpesvirus. Magnetic resonance imaging (MRI) dan computerized tomography (CT) mungkin membantu menetapkan diagnosa. Sangat jarang, biopsi (pengambilan jaringan sampel untuk pemeriksaan) jaringan otak diperlukan untuk memutuskan apakah herpesvirus adalah penyebabnya.

PENGOBATAN

Prognosis sangat bervariasi tergantung jenis infeksi. Beberapa tipe radang selaput dan radang otak virus ringan, dan anak sembuh dengan cepat dan benar-benar sembuh. Tipe lain adalah parah. Infeksi oleh herpes virus simpleks benar-benar serius. Dengan pengobatan pun, 15% bayi baru lahir dengan infeksi herpes simpleks pada otak meninggal. Jika infeksi herpes melibatkan bagian badan lain seperti otak, kematian mencapai 50%. Hampir 30% dari orang yang selamat mempunyai satu macam cacat permanen neurologik.

Kebanyakan bayi hanya memerlukan perawatan pendukung - mereka perlu dijaga supaya tetap hangat dan diberi banyak cairan. Obat Antiviral tidak efektif untuk kebanyakan infeksi sistem saraf pusat. Tetapi, infeksi yang disebabkan oleh herpes virus simpleks bisa diobati dengan acyclovir yang diberikan dengan infus.


Obat Terkait
ACYCLOVIR 200 (NP)

Tidak ada komentar:

Penyakit - Diseases

Diabetes
suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan insulin, bisa karena pankreas tidak cukup atau hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bisa juga karena sel tubuh melawan insulin yang dihasilkan – tidak bisa dicegah.

Diabetes
an illness that occurs when the body lacks insulin, either because the pancreas does not produce any or only a very small amount, or because the cells in the body are resistant towards the insulin it produces – is preventable.

Penyakit Malarian
adalah salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Aceh melalui infeksi darah oleh parasit plasmodium.

Malarian Ailment
is one of the common diseases that is found in Aceh. It is a blood infection caused by a parasite called plasmodium.

Tuberkulosis
biasanya ditularkan melalui batuk seseorang. Seseorang biasanya terinfeksi jika mereka menderita sakit paruparu dan terdapat bakteria di dahak mereka.Dahak bercampur darah, batuk berdarah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, tidak enak badan, berkeringat tanpa ada kegiatan, demam lebih dari satu malam.

Tuberculosis
is usually transmitted from infectious people coughing. People are usually infectious when they have pulmonary disease and thus they have bacteria in their sputum.Sputum mixed with blood, bleeding cough, shortwinded and painful in breathing, weaken body, loss of appetite, loss of weight, nausea, sweating without any activities, fever overnights.

Sahrul Jam


clock-desktop.com

Jika Perasaannya Was2 Jangan Dimainkan Videonya By Sahrul Cau