Senin, 14 September 2009

Materi Kesehatan: Hal-hal yang perlu diketahui oleh Ibu Hamil

Hal-hal yang perlu diketahui oleh Ibu Hamil

Antara lain :

Kehamilan Muda
  1. Tubuh akan berubah selama kehamilan. Rahim dan payudaranya akan membesar. Banyak diantaranya yang akan merasa mual selama kehamilan muda.
  2. Untuk menjaga kesehatan perlu makan makanan bergizi seimbang dalam jumlah cukup untuk kehamilannya :
    • Makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
    • Makan lebih banyak makanan yang kalsium, misalnya ikan kecil yang dimakan dengan tulangnya seperti teri, makanan berasal dari kedelai, seperti tempe dan tahu. Makanan yang kaya zat besi misalnya hati ayam ikan dan sayuran daun berwarna hijau tua.
    • Makan makanan yang kaya zat besi, misalnya ayam, ikan, kacang dan biji-bijian. Bila makanan tersebut dimakan dengan makanan yang mengandung vitamin C, seperti tomat, sayuran berdaun hijau yang tidak dimasak terlalu matang dan buah-buahan, maka dapat menambah penyerapan zat besi.
    • Minum 6-8 gelas cairan perhari.
  3. Ibu hamil perlu minum tablet zat besi-folat untuk mencegah anemia :
    • Anemia menimbulkan rasa lelah dan tidak mampu bekerja keras. Pada ibu hamil, anemia mengganggu kesehatan ibu dan janin.
    • Tablet zat besi-folat perlu diminum tiap hari paling sedikit selama 90 hari, dan tidak boleh diminum dengan susu, teh dan kopi, karena akan mengganggu penyerapannya. Tablet zat besi-folat dapat diperoleh dari bidan atau dapat dibeli diapotek.
    • Kadang-kadang terdapat gangguan seperti sembelit, mual atau diare bila ibu minum tablet zat besi-folat. Tetapi keluhan ini akan hilang setelah beberapa hari. Bila gangguan menetap, ibu perlu berkonsultasi dengan bidan.
  4. Ibu hamil perlu menjaga agar tubuhnya bersih, merawat giginya dan berolahraga ringan setiap hari.
  5. Ibu hamil perlu menghindari beberapa hal berikut selama hamil dan menyusui :
    • Berada dekat dengan orang sakit.
    • Minum obat tanpa advis dokter dan tanpa alasan yang tepat.
    • Gas yang mengganggu, asap rokok, debu dan zat kimia beracun.
    • Masak dan menyimpan makanan dalam wadah yang mengandung zat kimia didalamnya.

Selama Masa Kehamilan
  1. Ibu hamil perlu istirahat paling sedikit 1 jam pada siang hari dengan kaki ditempatkan lebih tinggi dari tubuhnya. Tidur, istirahat dan bersantai sangat bermanfaat bagi ibu hamil/menyusui agar tidak mudah terkena penyakit.
  2. Menjalani masa kehamilan dengan rasa bahagia. Ibu hamil yang mendapatkan makanan bergizi seimbang, istirahat, dukungan moril dan tidak khawatir dalam menyambut bayinya, akan sangat membantunya menikmati masa kehamilannya.
  3. Minum tablet tambah darah minimal 90 tablet selama kehamilan, walaupun ibu merasa sehat.
  4. Mempersiapkan kedatangan bayi, misalnya dengan menyiapkan baju dan perlengkapan tidurnya, serta berunding dengan keluarganya mengenai bantuan yang diperlukan setelah bayi lahir.
  5. Mempersiapkan diri untuk menyusui bayi dengan ASI. ASI merupakan makanan bayi terbaik sampai usia 6 bulan. Pemberian ASI saja selama kurun waktu itu melindungi bayi terhadap infeksi dan melindungi dari kehamilan sampai 6 bulan setelah melahirkan.
  6. Cara meneran yang benar pada Kala I dan II, serta perlunya banyak minum dan buang air kecil pada saat persalinan.
  7. Mempersiapkan persalinan, misalnya baju, pembalut, sabun dan uang. Ibu dan keluarganya juga perlu membuat rencana transportasi bila terjadi keadaan darurat pada ibu maupun bayinya.

Tidak ada komentar:

Penyakit - Diseases

Diabetes
suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan insulin, bisa karena pankreas tidak cukup atau hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bisa juga karena sel tubuh melawan insulin yang dihasilkan – tidak bisa dicegah.

Diabetes
an illness that occurs when the body lacks insulin, either because the pancreas does not produce any or only a very small amount, or because the cells in the body are resistant towards the insulin it produces – is preventable.

Penyakit Malarian
adalah salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Aceh melalui infeksi darah oleh parasit plasmodium.

Malarian Ailment
is one of the common diseases that is found in Aceh. It is a blood infection caused by a parasite called plasmodium.

Tuberkulosis
biasanya ditularkan melalui batuk seseorang. Seseorang biasanya terinfeksi jika mereka menderita sakit paruparu dan terdapat bakteria di dahak mereka.Dahak bercampur darah, batuk berdarah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, tidak enak badan, berkeringat tanpa ada kegiatan, demam lebih dari satu malam.

Tuberculosis
is usually transmitted from infectious people coughing. People are usually infectious when they have pulmonary disease and thus they have bacteria in their sputum.Sputum mixed with blood, bleeding cough, shortwinded and painful in breathing, weaken body, loss of appetite, loss of weight, nausea, sweating without any activities, fever overnights.

Sahrul Jam


clock-desktop.com

Jika Perasaannya Was2 Jangan Dimainkan Videonya By Sahrul Cau