Kamis, 03 September 2009

Sistem Peredaran Darah 6

1. Sistem Peredaran Darah Kecil

Darah miskin oksigen dan kaya karbondioksida dari bilik kanan jantung keluar melalui pembuluh nadi paru-paru menuju paru-paru kanan dan kiri. Darah kemudian mengalir ke percabangan pembuluh nadi, disebut arteriol, kemudian ke kapiler paru-paru yang berada di sekeliling alveolus. Di dalam kapiler alveolus terjadi difusi gas, yaitu keluarnya karbondioksida dari kapiler ke ruang alveolus, dan masuknya oksigen dari udara ruang alveolus ke kapiler darah. Kemudian darah mengalir menuju pembuluh balik paling kecil (venula), ke pembuluh balik yang lebih besar (vena). Setiap paru-paru mempunyai dua pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis) yang mengalirkan darah sudah kaya oksigen ke serambi kiri jantung. Sistem sirkulasi yang membawa darah dari jantung ke paru dan kembali lagi ke jantung, disebut sebagai peredaran darah kecil atau peredaran darah paru-paru (circulation parva).

2. Sistem Peredaran Darah Besar

Jika otot dinding balik kiri jantung berkontraksi, katup tiga daun menutup, sehingga darah mengalir ke dalam pembuluh nadi besar (aorta). Dari aorta darah mengalir ke percabangan-percabangan pembuluhn nadi ke berbagai organ dan jaringan di seluruh tubuh, termasuk kepala dan badan, kecuali jantung dan paru-paru. Didalam jaringan tubuh terjadi difusi oksigen dan sari makanan dari kapiler ke jaringan. Sebaliknya, karbondioksida dan zat-zat sampah metabolisme berdifusi dari jaringan ke dalam kapiler. Selain terjadi pertukaran zat, darah menuju venula, vena dan kembali lagi ke jantung melalui pembuluh nadi besar. Sistem sirkulasi dari jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke jantung lagi disebut peredaran darah besar (circulatio magna).

3. Sistem Peredaran Darah Jantung

Selain bercabang ke seluruh tubuh, pembuluh nadi besar dari jantung juga bercabang dua menuju ke jaringan jantung sendiri. Percabanagan ini disebut nadi tajuk (arteri koronaria), yang berfungsi mengalirkan darah kaya oksigen dan zat makanan guna memasok kebutuhan metabolisme otot-otot jantung. Seperti pada jaringan yang lain, percabangan ini diteruskan samapai mencapai kapiler-kapiler darah di dalam jantung. Setelah terjadi pertukaran zat antara kapiler dengan jaringan seperti yang di uraikan di atas, darah mengalir menuju venula, pembuluh balik tajuk jantung (vena koronaria), dan kembali lagi ke jantung. Sistem peredaran darah dari ruang jantung ke jaringan jantung kemudian ke ruang jantung lagi disebut sistem peredaran darah jantung (sistem koronaria).

Tidak ada komentar:

Penyakit - Diseases

Diabetes
suatu penyakit yang terjadi karena tubuh kekurangan insulin, bisa karena pankreas tidak cukup atau hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bisa juga karena sel tubuh melawan insulin yang dihasilkan – tidak bisa dicegah.

Diabetes
an illness that occurs when the body lacks insulin, either because the pancreas does not produce any or only a very small amount, or because the cells in the body are resistant towards the insulin it produces – is preventable.

Penyakit Malarian
adalah salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Aceh melalui infeksi darah oleh parasit plasmodium.

Malarian Ailment
is one of the common diseases that is found in Aceh. It is a blood infection caused by a parasite called plasmodium.

Tuberkulosis
biasanya ditularkan melalui batuk seseorang. Seseorang biasanya terinfeksi jika mereka menderita sakit paruparu dan terdapat bakteria di dahak mereka.Dahak bercampur darah, batuk berdarah, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, tidak enak badan, berkeringat tanpa ada kegiatan, demam lebih dari satu malam.

Tuberculosis
is usually transmitted from infectious people coughing. People are usually infectious when they have pulmonary disease and thus they have bacteria in their sputum.Sputum mixed with blood, bleeding cough, shortwinded and painful in breathing, weaken body, loss of appetite, loss of weight, nausea, sweating without any activities, fever overnights.

Sahrul Jam


clock-desktop.com

Jika Perasaannya Was2 Jangan Dimainkan Videonya By Sahrul Cau